Penyebab Dan Gejala Infeksi Kandung Kemih Pada Pria

Apakah infeksi kandung kemih pada pria dapat terjadi? Memang benar, Infeksi saluran kemih lebih indentik dengan wanita, bahkan ada yang mengatakan bahwa penyakit tersebut hanya mengendap pada wanita. Namun pada kenyataannya infeksi saluran kemih dapat terjadi kepada siapa pun dengan mudah termasuk kalangan pria dengan berbagai usia.

Infeksi tersebut dapat menyebabkan berbagai masalah pada pria khususnya yang berhubungan dengan alat reproduksi atau seksual. Maka dari itu semua pria diwajibkan mewaspadai terdeteksi saluran kemih agar kehidupan berjalan dengan lancar, khususnya bagi Anda yang ingin segera mempunyai momongan.

Beberapa Tanda Dan Gejala Infeksi Kandung Kemih Pada Pria


Secara umum, gejala infeksi kandung kemih pada pria terdiri dari beberapa hal diawah ini :

• Ketika buang air kecil, akan timbul rasa sakit dalam skala besar. Rasa sakit tersebut akan di ikuti dengan sensasi panas seperti terbakar.

• Pria cenderung buang air kecil secara berlebihan atau beberapa kalangan menyebutnya dengan istilah anyang-anyangan.

• Pria tidak tahan apabila minum terlalu banyak. Mereka menjadi terobsesi berkemih padahal kandung kemihnya belum penuh.

• Terdapat sensasi sakit di bagian bawah dan sekitar otot pada area pelvis. Rasaya muncul ketika buang air kecil.

• Mengeluarkan darah walaupun tidak banyak ketika kencing.

• Apabila infeksi sudah menyebar dan menyarang padan ginjal, pria akan merasakan sensasi sakit di area tulang belakang dan rasanya sangat tidak nyaman. Rasa sakit tersebut terus muncul pada area yang sama, serta di ikuti gejala lainnya seperti demam dan ingin muntah.

Penyebab Infeksi Kandung Kemih Pada Pria


Berbeda dengan kaum wanita yang mudah sekali terkena infeksi saluran kemih atau permasalah seksual, pria sudah mempunyai bakteri. Onani menjadi penyebab utama penyakit pada uretra atau saluran kencing. Apabila kondisi saluran pada kemih tidak sehat, kemungkinan bakteri akan segera meyebar dengan cepat. Namun jika daya tahan tubuh pria baik, infeksi tidak akan pernah terjadi.

Masalah sanitasi juga menjadi permasalahan yang harus Anda perhatikan dengan baik. Kalau merekla tidak dapat menjaga sanitasi dalam keadaan bersih saat mencuci penis, hingga tidak mengganti celana dalam secara rutin, maka kondisi infeksi kandung kemih pada pria akan segera muncul.

Faktor Dan Risiko Infeksi Saluran Kemih


• Selain disebabkan oleh sanitasi dan kondisi kesehatan dari pria, terdapat beberapa faktor dan risiko yang membuat pria mudah terkena infeksi saluran kemih.

• Sering mengalami dehidrasi, pada ukuran normal pria akan minum 2 liter air. Dengan kebutuhan air yang cukup, tubuh akan terhidrasi sehingga kemungkinan terjadinya pengentalan urine jarang terjadi.

• Pernah melakukan operasi pada saluran kemih.

• Menderita penyakit diabetes dengan tingkat keparahan yang tinggi, apabila sekali terkena diabetes, peluang terjadinya sebuah infeksi menjadi semakin besar, karena kadar gula darah dalam tubuh akan mempengaruhi.

• Tidak melakukan sunat, walaupun tidak sunat penis dalam keadaan bersih, kemungkinan terjadinya penempelan kotoran pada kukup tetap berisiko tinggi.

• Melakukan seks anal tanpa menggunakan kondom, kondisi seperti ini akan memperbesar masuknya bakteri ke dalam uretra atau saluran kencing.

Bagaimana Cara Mengetahui Anda Menderita Infeksi Kandung Kemih?


Dokter yang memeriksa akan menekan pada bagian perut dan punggung, untuk mengecek apakah Anda merasa sakit atau sebaliknya. Apabila diagnosis belum ditemukan, Anda mungkin akan di minta untuk menjalani beberapa tes berikut ini :

• Tes urin, contoh urin Anda akan segera dikirim ke lab untuk dites dan dicari tahu megenai bakteri apa yang menyebabkan infeksi kandung kemih pada pria. Untuk masalah tersebut, Anda harus buang air kecil di dalam tempat plastik.

• Tes darah, dokter akan meminta Anda menjalani tes darah apabila mengidap infeksi penyakit prostat.

• Tes pencitraan, tes ini dibutuhkan apabila infeksi saluran kencing tak kunjung sembuh, atau Anda terkena infeksi kembali.

Apabila Anda sudah merasa tidak nyaman dengan gejala serta kondisi pada infeksi kandungan kemih, dapat segera memeriksakan demi proses penyembuhan yang lebih cepat. Kami merupakan Klinik Utama Gracia yang akan membantu permasalahan Anda dengan penanganan yang canggih dan terjangkau. Segera lakukan konsultasi dan reservasi sekarang mengenai infeksi kandung kemih pada pria atau permasalah lainnya. Terima kasih.

Baca Juga : Pengobatan Dan Penyebab Disfungsi Ereksi Pada Usia Muda

Comments

Popular posts from this blog

Sunat adalah Cara Menghindari Infeksi Menular Seksual

Apa itu Andrologi

Pengertian Sistitis Akut Dan Cara Mengobatinya