Apakah Penyakit Balanitis Berbahaya

Banyak pertanyaan dibenak berbagai kalangan, apakah penyakit balanitis berbahaya? Jadi balanitis merupakan sebuah peradangan yang terletak di kepala penis yang disebabkan oleh berbagai masalah. Infeksi yang disebabkan oleh balanitis sering menimbulkan peradangan pada kulit yang menutupi penis yang sudah di khitan. Beberapa hal yang bisa menyebabkan terjadinya balanitis diantaranya yakni infeksi jamur, penyakit menular, iritasi kulit, dan permasalahan lainnya.

Apakah Penyakit Balanitis Berbahaya Dan Menjadi Hal Umum?

Balanitis merupakan pembengkakan yang terdapat rasa nyeri atau iritasi pada kulit atau kepala penis. Kondisi seperti ini memang cenderung terjadi kepada pria yang tidak disunat. Balanitis memang  akan menimbulkan rasa sakit, namun tenang hal tersebut bukan kondisi yang serius. Seseorang yang menderita balanitis dapat disembuhkan dengan menggunakan obat oles atau tidakan dokter yang canggih dan modern.

Seorang pria dapat mencegah risiko terkenanya balanitis dengan cara mengurangi dan menjaga kebersihan diri sebaik mungkin. Jangan lupa untuk berkonsultasi kepada dokter untuk mengetahui informasi lebih lanjut.

Adapun Beberapa Tanda Dan Gejala Penyakit Balanitis

• Timbulnya kemerahan dan bengkak pada ujung penis atau kulit kelamin pria.
• Terasa Nyeri dan kesulitan ketika buang air kecil.
• Keluarnya kotoran dengan bau menyengat atau busuk.
• Timbul bintil merah pada kulit bagian kepala penis.

Apabila balanitis tidak segera diobati, tentunya akan mengganggu batang dan dapat menimbulkan sebuah luka atau bisul. Apabila Anda mempunyai kekhawatiran mengenai gejala tersebut, maka segera konsultasikan kepada dokter dan klinik spesialis ternama.

Penyebab Penyakit Balanitis

Apabila seseorang yang belum disunat tidak mampu menjaga kebersihan pada area intimnya, kemudian ditambah faktor ketatnya pada kulup, akan menyebabkan iritasi akibat cairan pada alat kelamin, atau dikenal dengan istilah smegma. Smegma sendiri merupakan sebuah cairan kotor yang terbentuk pada bagian kulup atau ujung kelamin yang tidak di khitan. Faktor inilah yang akan menjadi penyebab utama terjadinya balanitis.

Infeksi seksual menular terkadang dapat menyebabkan terjadinya balanitis, terutama apabila seseorang menderita peradangan pada saluran kemih atau uretra. Terdapat berbagai macam penyakit infeksi yang menular misalnya gonorrhea, herpes genital, dan kutu kelamin yang menyebabkan balanitis. Gejala yang ditemukan ketika seseorang terkena balanitis yakni terasa nyeri ketika kencing dan keluarnya cairan atau sekresi dari uretra.

Berbagai jenis mikroba normalnya hidup pada kulit dan akan menimbulkan penyakit atau sebuah infeksi. Penyebab utama terjadi penyakit balanitis yakni akibat infeksi non seksual seperti jamur berjenis candida. Jamur tersebut pada umumnya berkembang dan hidup di permukaan kulit ketika kondisi normal. Namun pada beberapa waktu tertentu akan menimbulkan sebuah infeksi. Terdapat beberapa jenis bakteri yang akan menimbulkan penyakit balanitis pada anak-anak hingga pria dewasa.

Selain faktor dan penyebab diatas, kondisi tertentu pada bagian kulitpun bisa menjadi penyebab utama balanitis atau penyakit lain yang terlihat mempunyai gejala yang sama, misalnya kanker kulit. Kanker kulit merupakan penyakit pada penis yang terlihat seperti peradangan biasa, namun dinajurkan untuk melakukan pemeriksaan berkepanjangan ke dokter terkait masalah kondisi peradangan pada penis tersebut.

Proses Pengobatan Penyakit Balanitis

Ketika menjalani pengobatan balanitis yang tidak disebabkan oleh infeksi menular seksual, penderita diperbolehkan melakukan hubungan seksual. Namun tetap saja, menjadi lebih baik apabila kegiatan seksual dihindari sebab dikhawatirkan dapat menyebabkan rasa sakit di bagian penis. Apabila balanitis disebabkan oleh infeksi menular, maka penderita tidak di izinkan untuk menjalani hubungan seksual, sebelum pengobatan tersebut selesai dan benar-benar hilang.


Sebab di khawatirkan akan menular kepada pasangan. Kami merupakan klinik utama gracia akan memberi pelayanan medis yang tepat dan maksimal demi kesembuhan pasien, semua privasi akan selalu terjaga dengan aman. Demikian ulasan kami sampaikan, mudah bukan informasi terkait, apakah penyakit balanitis berbahaya? Sekian terima kasih.

Baca Juga : Ejakulasi Dini Mempengaruhi Kesuburan Pria

Comments

Popular posts from this blog

Sunat adalah Cara Menghindari Infeksi Menular Seksual

Apa itu Andrologi

Pengertian Sistitis Akut Dan Cara Mengobatinya